Senin, 06 Februari 2017

HUKUM PERMINTAAN DAN PENAWARAN



HUKUM PERMINTAAN DAN HUKUM PENAWARAN
HUKUM PERMINTAAN
Permintaan adalah keinginan yang disertai oleh kemampuan untuk membeli barang dan jasa pada tingkat harga tertentu.
Hal penting yang berhubungan dengan konsep permintaan :
·         Kuantitas yang diminta merupakan kuantitas yang diinginkan
·         Kenginan konsumen tersebut disertai oleh kemampuan serta kesedihan untuk membeli
·         Kuantitas yang diminta di nyatakan dalam satuan waktu

Hukum permintaan berbunyi “ Jika harga  suatu barang dan jasa meningkat, kuantitas yang di minta akan menurun. Sebaliknya, apabila harga suatu barang dan jasa menurun, maka kuantitas barang yang diminta akan meningkat, cateris paribus (dengan hal-hal lainnya tetap sama) “

                   1.Kuantitas yang diminta (quantity demanded) adalah mengacu pada kuantitas barang dan jasa yang ingin dibeli konsumen pada tingkat harga dan waktu tertentu
  2.    Tabel permintaan adalah tabel yang menunjukan kuantitas barang dan jasa yang diminta selama periode waktu tertentu pada berbagai tingkat harga
      3.  Kurva permintaan adalah kurva yang menunjukkan kuantitas harga dan jasa yang diminta selama periode waktu tertentu pada berbagau tingkat harga dan asumsi faktor faktor lainnya konstan.

Faktor yang memengaruhi kuantitas permintaan barang dan jasa
-        Harga barang pengganti (subtitusi)
-        Pendapatan
-        Jumlah penduduk dan selera
 ini merupakan contoh kurva permintaan
 








HUKUM PENAWARAN (SUPPLY)

Hukum penawaran adalah kuantitas barang dan jas yang tersedia dan dapat di tawarkan oleh produsen kepada konsumen pada setiap tingkat harga selama periode waktu tertentu.

Hukum penawaran berbunyi “ Jika harga suatu barang dan jasa meningkat, kuantitas yang di tawarkan juga akan meningkat. Sebaliknya apabila harga suatu barang dan jasa menurun, maka kuantitas yang di tawarkan juga akan semakin menurun , cateris paribus (dengan hal-hal lainnya tetap sama)”

1       1.Kurva penawaran adalah kurva yang menunjukkan kuantitas barang dan jasa yang ditawarkan selama oeriode waktu tertentu pada berbagai tingkat hanya dengan asumsi faktor-faktor lainnya.
      2.Tabel penawaran adalah tabel yang menunjukkan kuantitas suatu barang dan jasa yang ditawarkan selama periode waktu tertentu  pada berbagai tingakat harga dengan asumsi faktor-faktor lainnya konstan.
     ini merupakan contoh kurva penawaran












g             Ini merupakan video tentang hukum permintaan dan hukum penawaran


Tidak ada komentar:

Posting Komentar